Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

iklan 1

Iklan

iklan

Bersama Nelayan Desa Majakerta, KUD Baita Mina Lestari Adakan Pesta Laut 2022

TRIBRATANEWS POLRES INDRAMAYU
Kamis, 15 Desember 2022 | Desember 15, 2022 WIB Last Updated 2022-12-15T06:02:03Z
iklan


Indramayu, -
Masyarakat nelayan Desa Majakerta Kecamatan Balongan bersama KUD Baita Mina Lestari mengadakan hajatan pesta laut atau Nadran laut dalam rangka mensyukuri hasil laut yang melimpah kepada para nelayan, Indramayu Jawa Barat.


Maka tidak heran jika pemandangan berbeda dapat ditemui di sekitaran Muara dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI)  Baita Mina Lestari dengan banyaknya umbul-umbul, panggung dan yang lebih menarik lagi adalah puluhan perahu yang dihias sedemikian rupa dengan aneka ragam ornamen berwarna-warni. Puncak acara dilaksanakan pada hari Rabu (14/12/2022) dengan acara melarung sesaji berupa Kepala Kerbau ketengah laut serta sajian hiburan seni budaya wayang kulit.


Hadir dalam puncak acara tersebut Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina Dai Bachtiar diwakili Kepala Dinas Perikanan dan keluatan Indramayu Edi Umaedi , Unsur Muspika Kecamatan Balongan, TNI & Polri, serta para tamu undangan dan masyarakat Desa Majakerta


Puncak acara yang disakralkan oleh masyarakat nelayan Desa Majakerta, yaitu dilaksanakanya acara ritual utama berupa melarung sesaji kepala kerbau ketengah laut yang diiringi puluhan perahu-perahu nelayan termasuk Rombongan Bupati Indramayu yang diwakili Dinas Perikanan dan Kelautan Indramayu menjadi daya tarik bagi para nelayan dan warga setempat untuk memadati seputaran TPI Baita Mina Lestari dengan pengawalan dari pihak Polsek Balongan dan Koramil 1601/Indramayu serta pihak TNI AL Pos Karangsong Bersama Pol Airut Polres Indramayu dan Ditpolairut Polda Jabar


Ketua KUD Baita Mina Lestari Saidin HT mengucapkan, bentuk syukur para nelayan dengan hasil laut yang melimpah kepada Tuhan yang maha esa serta untuk para nelayan yang sampai saat ini masih mendapatkan rizki dari hasil melaut berangkat dan pulang selamat,saat bernelayan" ucapnya.


"Kami KUD Baita Mina Lestari melaksankan kegiatan acara nadran atau pesta laut dengan mengarungkan sesaji dan mengadakan pegelaran seni budaya wayang kulit dan sandiwara untuk memeriahkan acara pesta laut di Desa Majakerta", imbuhnya.


Ditempat berbeda Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina yang diwakili Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Edi Umaedi menambahkan, Kebetulan dengan jadwal yang sama kami tidak bisa hadir akan teteapi diwakikan Kabid Tahta," ujarnya


"Pemerintah Daerah / Ibu Bupati melalui Dinas Perikanan menyampaikan selamat atas nadran yang di selenggararan oleh para nelayan sebagai bentuk rasa syukur atas berbagai nikmat yang telah di anugerahkan pada nelayan terutama nikmat keselamatan dan hasil produksi penangkapan yg telah dicapai selama ini," lanjutnya.


Semoga para nelayan tetap sehat wal'afiat, tetap menjaga keselamatan di laut,  dapat menjalankan usahanya dengan baik, dan terus taat pada peraturan perundangan yang berlaku. 



"Pemerintah Daerah terus berupaya hadir bersama sama para nelayan dan stake holder terkait, agar para nelayan dapat menjalankan usahanya lebih baik untuk peningkatan taraf hidup keluarga, mencukupi kebutuhan gizi masyarakat dan juga berkontribusi bagi PAD dan devisa negara," sambung Kadis Perikanan Indramayu.


Kapolsek Balongan AKP H. Saripudin bersama Angota dan Danramil 1601/Indramayu Kap Inf Disman dibantu dari pihak TNI AL Pos Karangsong Bersama Pol Airut Polres Indramayu dan Ditpolairut Polda Jabar melakukan monitoring dan pengamanan diacara pesta laut/Nadran.


Kapolres Indramayu AKBP M. Lukman Sariff melalui Kapolsek Balongan AKP H. Saripudin, memberikan himbauan terhadap masyarakat yang sedang melaksanakan kegiatan acara nadran dengan selalu menerapakan prokes serta menjaga kondusifitas dan tetap menjalin komunikasi yang baik saat berada dalam kumpulan massa yang lebih banyak agar tidak terjadi kesalah pahaman," tuturnya.


"Kami TNI & Polri mendukung setiap kegiatan yang bersifat positif untuk kepentingan masyarakat dan kami berpesan agar masyarakat tetap guyub rukun serta menjaga kamtibmas agar acara ini selesai dengan tidak merugikan pihak mana pun," tukas Kapolsek Balongan (*)



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bersama Nelayan Desa Majakerta, KUD Baita Mina Lestari Adakan Pesta Laut 2022

Trending Now

Iklan

iklan