Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

iklan 1

Iklan

iklan

Polsek Balongan Sosialisasi Bahaya Chikbul Kepada Pedagang di Pasar Malam

TRIBRATANEWS POLRES INDRAMAYU
Sabtu, 21 Januari 2023 | Januari 21, 2023 WIB Last Updated 2023-01-21T08:26:52Z
iklan


Indramayu,---
Polsek Balongan jajaran Polres Indramayu Polda Jabar melaksanakan kegiatan pengecekan dan sosialisasi bahaya jajanan anak-anak Chikbul (Chiki Ngebul), Jumat (20/1/23) kemarin.


Kegiatan tersebut dilakukan di pasar malam Desa Sukaurip, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.


Kapolres Indramayu AKBP Dr. M Fahri Siregar melalui Kapolsek Balongan, AKP H. Saripudin mengatakan, bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya keracunan akibat mengkonsumsi cikibul seperti dilaporkan di beberapa wilayah di Indonesia.


Seperti kita ketahui bersama, jajanan chiki ngebul ini merupakan snack yang diberi nitrogen cair atau liquid nitrogen sehingga makanannya tampak selalu berasap. 


Mengutip dari Permenkes RI dan BPOM, lanjut Kapolsek, bahwa Nitrogen cair adalah bahan yang tidak direkomendasikan sama sekali untuk bahan makanan.


“Adapun efek serius dari mengkonsumsi makanan berasap ini bisa menyebabkan sesak napas, sakit perut, lambung berlubang, luka bakar pada kulit, mual hingga pusing,” jelas Kapolsek.


Sebagai upaya pencegahan, kami pun meningkatkan pengawasan dan pembinaan kepada pelaku usaha yang menggunakan nitrogen cair maupun masyarakat akan bahaya penambahan dan konsumsi nitrogen cair pada makanan siap saji tersebut.


“Alhamdulillah hasil pengecekan kami kemarin tidak menemukan pedagang yang menjual Chikbul (Chiki Ngebul) di pasar malam,” kata Kaposlek.



Lebih lanjut ia pun meminta kepada masyarakat apabila ada yang menjual chiki ngebul agar melaporkan ke Bhabinkamtibmas maupun Polsek Balongan untuk nantinya bersama dengan unsur tiga pilar memberikan himbauan supaya untuk sementara waktu tidak menjual Chiki Ngebul. Pesan Kapolsek.


ANDRI/HMS RES IMYU

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polsek Balongan Sosialisasi Bahaya Chikbul Kepada Pedagang di Pasar Malam

Trending Now

Iklan

iklan