Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

iklan

Cegah Penularan, Polisi Turun ke Lokasi Peternakan Berikan Edukasi Tentang Wabah PMK

TRIBRATANEWS POLRES INDRAMAYU
Selasa, 12 Juli 2022 | Juli 12, 2022 WIB Last Updated 2022-07-12T07:07:44Z
iklan


Indramayu,-----
Bhabinkamtibmas Polsek Losarang jajaran Polres Indramayu Polda Jabar turun ke lokasi memberikan edukasi tentang wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kepada para peternak maupun pemilik ternak, di Desa Santing, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Selasa (12/7/2022).


Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Polsek Losarang memberikan arahan dan mengedukasi pemilik ternak agar selalu memeriksakan ternaknya ke Dokter hewan.


Selain itu tidak membuang bangkai hewan ternak yang mati karena PMK di aliran sungai, danau atau ditempat yang terbuka karena akan membahayakan kepada yang lainnya baik hewan maupun manusia.


Disela kesibukannya, Kapolres Indramayu, AKBP M Lukman Syarif melalui Kapolsek Losarang, Kompol H. Mashudi menyampaikan tujuan dari kegiatan edukasi ini harapannya para peternak mampu mendeteksi gejala dini gejala penyakit PMK. Sebagaimana diketahui penyakit tersebut menyerang ternak sapi ataupun domba dan akan mempengaruhi nafsu makan hewan ternak yang kemudian membuat lemah lalu mati.


“Virus PMK sendiri memang cukup berbahaya karena penyebarannya yang sangat cepat. Sehingga apabila tidak terkendali maka dikhawatirkan banyak ternak yang terpapar dan tentunya kondisi itu akan merugi merugikan peternak,” ujar Kompol Mashudi.


Untuk itu, Kompol H. Mashudi menghimbau agar masyarakat yang memiliki hewan ternak dengan gejala PMK agar bisa segera melaporkannya kepada dokter hewan. 


“Ternak yang terpapar pun tidak boleh dijual sebelum dinyatakan sehat agar tidak menularkan kepada hewan lain,” ucap Kapolsek.


Sementara, Kabag Ops Polres Indramayu Kompol Agta Bhuwana Putra didampingi Kasi Humas Polres Indramayu, Iptu Didi Wahyudi menyampaikan petugas melaksanakan pengecekan dan edukasi kepada pemilik ternak bahwa wabah PMK tidak menular kepada manusia namun perlu hati-hati, sebab bisa menular kepada hewan lainnya, untuk itu disarankan melakukan penyemprotan disinfektan di areal kendang.


Kompol Agta Bhuwana pun mengimbau kepada pemilik ternak agar terus memantau kesehatan ternaknya, apabila ditemukan tanda- tanda mencurigakan ke arah wabah PMK untuk segera memberitahukan kepada Bhabinkamtibmas agar ditindaklanjuti kepada pihak terkait. Pungkasnya.


ANDRI/HMS RES IMYU

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cegah Penularan, Polisi Turun ke Lokasi Peternakan Berikan Edukasi Tentang Wabah PMK

Trending Now

Iklan

iklan