Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

iklan

Forkopimda Indramayu Mengikuti Kegiatan Rakor Lintas Sektoral Bidang Opsnal Dalam Rangka PAM Nataru Tahun 2022.

TRIBRATANEWS POLRES INDRAMAYU
Jumat, 16 Desember 2022 | Desember 16, 2022 WIB Last Updated 2022-12-16T06:45:46Z
iklan


Indramayu,--
Forkopimda Indramayu mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Bidang Opsnal dalam rangka pengamanan Nataru Tahun 2022.


Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Patria Tama Mako Polres Indramayu, Jawa Barat, Jumat (16/12/22).


Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Indramayu AKBP M. Lukman Suarif, S.I.K., M.H., Dandim 0616 Indramayu Letkol Arm Andang Radianto, S.A.P., Staf Ahli Bupati Sugeng, Kajari Indramayu diwakili Kasi Tipidum Benu Elamrusya, S.H.


Selain itu, Ketua Pengadilan Negeri Indramayu Ruditomo Surotomo, S.H., M.H., Kasat Pol PP diwakili Eko Prawoto, Kepala Jasa Raharja Kab. Indramayu Manggala Aji Mukti, S.E., Kadiskopdagin H. Jahirin, Kabid Yankes Dr. Titin, Kabid LLA Dishub Indramayu Rizal HN., Kasubag TU Kemenag, PJU Polres Indramayu dan Kapolsek Jajaran Polres Indramayu.


Melaui Vicon, Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan Ops Nataru ini akan dilaksanakan selama 11 hari dari tanggal 23 Desember 2022 - 2 Januari 2023 dengan melibatkan stakeholder terkair dan elemen masyarakat dengan sandi Ops Lilin 2022.


Dalam Ops Nataru ini kami menyiapkan 2.629 Posko PAM/YAN/TERPADU, terdiri dari 1.845 Pos Pam untuk melaksanakan pam di lokasi ibadah dan tempat wisata, 695 Pos Yan untuk melaksanakan pam di jalur mudik/balik, 89 Pos Terpadu sebagai pusat komando dan kendali operasi di lapangan. 


Sambungnya, berkaca pada keberhasilan Pam Mudik Lebaran tahun 2022, penerapan rekayasa lalu lintas sudah mampu memperlancar arus mudik maupun arus balik. 


“Berdasarkan anev tahunan 2021 jumlah kejahatan meningkat drastis dan mencapai puncaknya pada bulan desember, kejahatan konvensional masih menjadi dominan diantara jenis kejahatan lainnya,” katanya.



Lebih lanjut disampaikan Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, terkait dengan Pam malam tahun baru khususnya dengan kegiatan - kegiatan masyarakat, setiap kegiatan masyarakat dalam menyambut dan merayakan tahun baru 2023 yang melibatkan massa dalam jumlah besar harus mendapatkan surat izin dari pejabat Kepolisian berwenang.


Sementara, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaian, Menjelang Nataru harga barang kebutuhan pokok relatif stabil dan terkendali per 14 Desember 2022.


Pemerintah daerah berkomitmen mengoptimalkan APBD untuk pengendalian inflasi. 


“Kementrian Perdagangan mengharapkan kepada Polri memperkuat koordinasi antara Polda dan Pemerintah Daerah, Sosialisasi mebijakan angkutan/transportasi, pengamanan dan pemberian prioritas distribusi barang kebutuhan pokok dan mengintensifkan pengawasan,” terangnya.


Sedangkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, dalam rangka peningkatan pelayanan operasional Ops Nataru akan dilaksanakan peningkatan kapasitas gerbang Tol Utama.


Untuk itu kami menyiagakan sarana prasana dan penempatan personil untuk rekayasa lalu lintas pada titik - titik rawan kemacetan. Serta pelebaran jalur pertemuan ruas tol Jakarta - cikampek bawah dengan Jakarta - cikampek elevated jalur A.


Menteri Pariwisata dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa untuk memastikan kesiapan destinasi dan lokasi data tarik wisata dilakukan langkah – langkah, salah satunya memastikan penerapan protokol kesehatan baik di lokasi wisata maupun bagi pengunjung.


Kesiapan petugas dan pengelola dalam pelayanan wisata di lokasi daya tarik wisata. Serta peningkatan pelayanan dan pengamanan di lokasi wisata seperti kesediaan pemandu wisata, petugas informasi dan balawisata.


Adapun penyampaian Menteri Agama, bahwa pada pelaksanaan Ibadah perayaan Natal dan Tahun baru dilaksanakan secara sedehana dan tidak berlebih - lebihan serta tetap menekan protokol kesehatan.


“Ibadah perayaan Natal dan Tahun Baru pada daerah level 1 dapat dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan,” ungkap H. Yaqut Cholil Qoumas.


Ia juga melarang warga untuk melakukan pawai/arak - arakan yang melibatkan banyak orang dan menimbulkan kerumunan.


Sedangkan penyampaian Menteri Kesehatan, Proporsi varian XBB dan BQ. 1 Indonesia sudah dominan dengan tren kasus menurun. Yakni 98.5 % populasi sudah memiliki antibodi SARS-CoV 2 dan angka RT menurun di semua pulau.


Kendati demikian Vaksinasi booster diwajibkan terutama bagi pemudik/wisatawan nataru.


Ia juga mengusulkan agar PPKM tetap dilaksanakan. 


Adapun penyampaian dari Menteri Perhubungan, bahwa perlu diwaspadai pergerakan di tempat - tempat wisata dan penumpukan kendaraan di rest area jalan tol.


“Potensi kemacetan karena adanya perbaikan jembatan di sepanjang jalur pantura jawa dan terjadinya kemacetan akibat adanya pasar tumpah di beberapa titik pada jalan arteri,” kata Budi Karya Sumadi.


Ia juga menyampaikan bahwa perlunya koordinasi dan sinergi dengan kementrian Lembaga, pemerintah Daerah dan stakeholder terkait dalam penyelenggaraan angkutan Nataru 2022/2023.


Adapun penyampaian Kepala Basarnas, pada Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 diperkirakan terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas masyarakat yang akan melaksanakan aktifitas perjalanan.


“Basarnas melaksanakan siaga SAR khusus Nataru 2023 dengan menempatkan personil dan alut di lokasi - lokasi strategis yang rawan laka/bencana di pelabuhan, ruas jalan tol, bandara, terminal bus dan tempat wisata,” katanya.


Sementaram penyampaian As Ops Panglima TNI, bahwa TNI siap untuk mendukung Polri dan Pemda dalam rangka mengantisipasi kerawanan pada perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.


TNI siap mendukung personil dan alutsista dalam rangka pengamananperayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. 


TNI siap mendukung penegakan prokes selama perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 guna mencegah penyebaran Covid -19.


Ia juga mengungkapkan bahwa dalam hal ini perlu kooridnasi antara TNI - Polri dengan kelompok terkait dan stakeholder di wilayah dalam rangka perencanaan dan pelaksanaan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Tutup Mayor Jenderal Agus Suhardi.


ANDRI/HMS RES IMYU

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Forkopimda Indramayu Mengikuti Kegiatan Rakor Lintas Sektoral Bidang Opsnal Dalam Rangka PAM Nataru Tahun 2022.

Trending Now

Iklan

iklan